Pengertian LOTOTO

Pengertian LOTOTO

Pengertian LOTOTO

Pengertian LOTOTO
Beberapa tahun yang lalu sering kita mendengar berita yang kurang menyenangkan, khususnya bagi pekerja. Tidak hanya bagi pekerja di Industri Manufaktur, para pekerja konstruksi maupun lapangan pun tak luput dari kecelakaan kerja. Mulai dari cidera ringan, sampai cidera berat, ada yang terjepit, terpotong, dan lainnya. Ada yang cacat bahkan yang terburuk sampai mengakibatkan kematian. Biasanya kejadian kecelakaan kerja ini terjadi ketika proses perbaikan (Repair), perawatan (Maintenance), dan pembersihan (Cleaning). Kecelakaan kerja terjadi karena dua hal, unsafe action (tindakan tidak aman) dan juga unsafe condition (kondisi yang tidak aman). Unsafe action contohnya dari perilaku pekerja itu sendiri. Sedangkan unsafe condition itu terjadi karena memang lingkungan kerja yang kurang aman.

Lingkungan kerja yang kurang aman contohnya yaitu lantai yang tidak rata, cahaya kurang terang, mesin tanpa pelindung dan lain sebagainya. Berbagai improvement dilakukan untuk mengurangi terjadinya angka kecelakaan kerja. Dari unsafe condition contohnya pengaturan cahaya untuk ruang kerja dan perbaikan lantai yang tidak rata. Sedangkan untuk unsafe action contohnya dengan pemberian pelatihan dan juga pemahaman cara bekerja yang baik dan aman sesuai prosedur. Selain pemahaman, pekerja juga diberikan procedure yang benar ketika melakukan proses repair, maintenance, dan cleaning. Jadi harapannya angka kecelakaan kerja turun bahkan hilang ketika para pekerja melakukan ke-3 macam pekerjaan tadi.

Berkaca karena besarnya angka kecelakaan yang besar tadi dicarilah suatu system yang dapat mengurangi bahkan sampai ke zero accident. Beberapa system mulai diperkenalkan seperti LOTO, atau Lockout Tagout sampai yang sekarang LOTOTO (Lockout Tagout Tryout). Istilah LOTOTO digunakan setelah terjadinya kecelakaan besar yang mengakibatkan hilangnya banyak nyawa pekerja akibat kegagalan dalam pengendalian energi berbahaya suatu mesin atau peralatan. LOTOTO (Lockout, Tagout, Tryout) adalah perbaikan dari system sebelumnya yang sudah digunakan yaitu LOTO (Lockout Tagout).

Lockout adalah kegiatan mengisolasi atau penguncian sumber energi berbahaya menggunakan peralatan khusus. Lockout memiliki peran yang sangat penting untuk memastikan keselamatan pekerja sebelum melakukan perbaikan (Repair), perawatan (Maintenance), ataupun pembersihan (Cleaning).

Tagout adalah alat komunikasi sebagai peringatan bahaya dan menunjukkan bahwa tidak ada yang boleh mengoperasikan peralatan dimana tag itu terpasang.

Tryout adalah kegiatan percobaan untuk memastikan kembali mesin atau peralatan yang sudah dikunci dan ditandai benar-benar sudah dalam kondisi off atau tidak ada sumber energinya.

Jadi LOTOTO adalah suatu system untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan ketika melakukan perbaikan, perawatan, dan pembersihan.

Banyak kejadian kecelakaan kerja yang mengakibatkan luka-luka ringan, cedera, bahkan sampai cacat hingga kematian. Hal ini terjadi disebabkan karena mereka bekerja dengan peralatan atau mesin yang masih menyala ataupun sudah dimatikan tapi tidak diputus dari panel utamanya. Peralatan dan mesin tersebut diantaranya ialah motor listrik, mesin pemotong, pompa, peralatan dengan sistem hidrolik, pipa uap panas bertekanan tinggi. Selain itu ada juga peralatan serta mesin yang bertenaga lainnya. Lockout, tagout, tryout (LOTOTO) merupakan prosedur keselamatan yang penting yang melindungi pekerja dari cidera ketika bekerja dengan atau dekat circuit dan peralatan bertenaga seperti tenaga listrik, hidrolik, tekanan dan sebagainya.

Prinsip Kerja LOTOTO

Prinsip kerja LOTOTO itu sendiri terdiri dari 3 point utama, yaitu mematikan, mengunci (Lock), dan memberi tanda (Tag). Selain 3 point tadi ada penambahan 1 point lagi yang tak kalah penting yaitu menguji isolasi (Try). Harapannya dengan dijalankannya LOTOTO, pekerja menjadi lebih aman dalam melakukan proses pekerjaannya. Selain pekerja menjadi merasa aman dan nyaman, mesin pun akan terhindar dari kerusakan, dan tidak akan merugikan Perusahaan. Berikut penjelasan detail masing masing point tadi:

1. Lock

Lock artinya mengunci sumber energi yang sebelumnya sudah dimatikan, tujuannya agar sumber energi tersebut tidak bisa dinyalakan kembali. Lockout dilakukan dengan cara mematikan dan mengunci pada sumber tenaga dari circuit dan peralatan. Sumber tenaga atau sumber energi itu biasanya berasal dari listrik, angin, dan oli. Jadi sebelum melakukan perbaikan, perawatan, dan cleaning sumber energi tersebut harus dimatikan. Setelah sumber energi dimatikan, barulah kita melakukan proses lockout atau mengunci agar tidak ada orang lain yang bisa menyalakan. Dengan dilockoutnya sumber energi tadi maka ketiga proses tadi dapat dilakukan dengan tenang. Setelah sumber energi dimatikan dan dilock, langkah berikutnya adalah pemberian Tagout.

2. Tag

Tag adalah alat komunikasi untuk menyampaikan bahwa sedang dilakukan pekerjaan dan jangan dioperasikan. Sumber energi diberi label dengan label yang mudah dibaca yang mengingatkan orang lain pada area tersebut bahwa sedang ada pekerjaan. Tag banyak jenis dan macamnya serta juga fungsinya.

3. Try Out

Try out adalah proses pengujian isolasi sumber energi yang sebelumnya sudah dimatikan dan dikunci apakah benar-benar sudah berfungsi. Jadi dengan adanya proses pengujian ini diharapkan LOTO benar benar berfungsi. Sehingga mesin tidak akan dapat dinyalakan selama proses pekerjaan dilakukan sampai pekerjaan tersebut selesai.

Disamping untuk melindungi para pekerja dari bahaya listrik, LOTOTO juga dapat mencegah kontak antara pekerja dengan bagian peralatan yang beroperasi. Sehingga kejadian yang tidak diinginkan pun tidak akan terjadi, seperti terjepit, terpotong, dari yang ringan sampai yang berat.

Setiap mesin atau peralatan produksi memerlukan perbaikan dan perawatan yang rutin. Di saat itulah sering terjadi kecelakaan kerja ataupu hal-hal lain yang tidak diinginkan. Kecelakaan kerja bisa saja terjadi dikarenakan mesin atau alat yang sedang diperbaiki ada yang menyalakan tanpa sepengetahuan si pekerja tadi. Sehingga hal ini akan memberikan dampak buruk bagi pekerja dan juga perusahaan.

Ketidaksengajaan mengoperasikan/menghidupkan kembali peralatan yang sedang diperbaiki atau pelepasan energi berbahaya dari mesin secara tiba-tiba menyebabkan cedera serius bagi pekerja dan bisa merusak peralatan itu sendiri. Di sinilah LOTOTO memiliki peran penting untuk mencegah terjadinya kecelakaan dan melindungi peralatan yang sedang diperbaiki atau dalam perawatan akibat permasalahan tersebut.

Itulah sekilas tentang pengertian LOTOTO jika masih ada yang belum jelas bisa langsung menghubungi customer service kami agar dapat dihubungi dengan produk spesialis kami. Pengertian LOTOTO

Baca Juga : LOTOTO.co.id, ONEBIZ.id, Sakha.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *